edukasiragamteknoteknologitrendit

Cara Merubah Domain Blogspot

Tips Merubah Domain Blog-Sobat BagiInfo kali ini saya akan membagikan pengalaman  saya mengcustom domain dari blog, caranya cukup simple tapi agak ribet..? hehe mungkin untuk newbie agak ribet tapi kalua sudah mencoba pasti mudah. Custom domain/kostumasi domain blog adalah teknik merubah URL blogspot menjadi URL TLD/ Top level domain contoh: example.com, example.co.id, example.info dll.

Oke langsung saja ke cara dan bagaimana sobat bias mendapatkan custom domain yang sobat inginkan.

   Pastinya sobat harus punya blog terlebih dahulu ya. Kemudian buka situs dewaweb.com pilih order>daftar domain.
dewaweb

2.       Sobat harus membeli domain TLD di website jasa penhyedia Hosting Domain salah satunya di dewaweb.com, lakukan registrasi seperti biasa kemudian setelah itu sobat lakukan login di client area:



cek domain dewawebCek terlebih dahulu ketersediaan domain yang akan sobat order, jika domain tersebut sudah ada silahkan coba sampai domain yang agan inginkan tersedia. Buatlah domain yang unik dan mudah untuk ditelusuri mesin pencari google.



Setelah domain yang sobat inginkan tersedia silahkan klik tombol order sekarang, maka agan akan diarahkan untuk melakukan checkout/konfirmasi pembayaran, sobat bias langsung cek rekening yang ada di halaman checkout


4.       Pilih checkout dan bayar via transfer setelah itu silahkan lakukan konfirmasi.

   Nah setelah anda mendapatkan domain yang sobat inginkan, maka langsung masuk le client area seperti dibawah ini:
     Lanjut ke tahap berikutnya yaitu mengcustom domain yang ada di blog sobat, yang pertama adalah sobat harus pilih server domain mana yang akan sobat pilih sebagai DNS(Domain Name Server) Karena hanya domain bukan hosting sobat perlu pihak ke 3 untuk menghosting domain yang sobat beli. Untuk custom saya pilih cloudflare karena penyedia layanan DNS ini cukup mudah dan gratis. Sobat silahkan buka situs cloudflare.com kemudian lakukan registrasi dan login:
Selanjutnya sobat login ke blog dan pilih settingan dasar>pilih siapkan url pihak ke 3 kemudian masukan url TLD yang sobat sudah daftarkan kemudian klik simpan.


 Maka akan muncul pesan error,hehe jangan cemas memang seperti itu karena perlu ada tahapan selanjutnya. Sobat perhatikan kode google dibawah pesan eror:

Ada ya? Hehe nah sobat gausah repot mencatatnya cukup unduh saja filenya di area pesan ini:

Selanjutnya simpan file tersebut dan kembali ke situs cloudflare client area, upload file tersebut di menu DNS pilih paling bawah Advance kemudian pilih upload:

Kemudian upload file yang sobat unduh tadi di blog sobat daaan Taraaaa maka akan otomatis setting DNS Record, so ga perlu sobat ribet-ribet nyari kesana kesini untuk setting DNS record.

9.       Oke langkah selanjutnya adalah sobat cek DNS dari cloudflare

Kemudian login ke dewaweb client area. Pilih domain>domain saya>edit dan pilih Name server:

Pilih gunakan nameserver yang lain dan masukkan nameserver yang sobat gunakan di cloudflare, kemudian klik ubah nameserver dan tunggu propagasi, biasanya memakan waktu 1 sampai 2 jam atau 4 jam atau 1 x 24jam. Biasanya kalua yang fresh domain lebih cepet, mohon bersabar aja ya sob.. oke sekian tips custom domain blogspot dari saya, kalau  ada pertanyaan silahkan di komen ya sob..  (dede)

Comment here