edukasiinformatikaragamteknologi

Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Karawang Menyelenggarakan Seminar IT

HADAPI ERA DIGITAL UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA KAMPUS KARAWANG SELENGGARAKAN SEMINAR CLOUD DAN BIG DATA

mahasiswa/i Univ. Bina Sarana Informatika Kampus karawang
KARAWANG – Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan seminar pra UTS khusus untuk mahasiswa Semester III Program Studi Sistem Informasi Akuntansi sebagai media tranformasi bisnis di era digital yang dilaksanakan di Aula Universitas Bina Sarana Informatika kampus Karawang yang beralamat di Jl.Banten No.1 Karangpawitan-Karawang. Bertemakan “Teknologi Cloud Dan Big Data Sebagai Media Tranformasi Bisnis Di Era Digital”. Seminar berlangsung pada hari Selasa, 30 Oktober 2018. Acara dimulai pukul 13.00 sampai dengan pukul 15.00 dimulai dengan meriah oleh Eka Fitriani dan dilanjut sambutan oleh Widya Apriliyah, M.Kom selaku wakil kepala kampus UBSI kampus Karawang dan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Cahyo Listyanto head of data science and engineering PT Bizzy Commerce Indonesia. Cahyo memaparkan pentingnya pengelolaan basis data yang terpusat, seperti cloud computing. Cloud computing mungkin masih samar terdengar bagi orang awam. Tetapi keberadaan cloud computing di era digital kini sebenarnya telah terasa di tengah masyarakat dalam kehidupan sehari hari seperti penggunaan email dan juga media sosial.
Secara umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing. Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet. Sistem Cloud bekerja menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk login ke internet yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa melakukan instalasi. Infrastruktur seperti media penyimpanan data dan juga instruksi/perintah dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan internet kemudian perintah – perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah diterima di server aplikasi kemudian data diproses dan pada proses final pengguna akan disajikan dengan halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya sehingga konsumen dapat merasakan manfaatnya.Contohnya lewat penggunaan email seperti Yahoo ataupun Gmail. Data di beberapa server diintegrasikan secara global tanpa harus mendownload software untuk menggunakannya. Pengguna hanya memerlukan koneksi internet dan semua data dikelola langsung oleh Yahoo dan juga Google. Software dan juga memori atas data pengguna tidak berada di komputer tetapi terintegrasi secara langsung melalui sistem Cloud menggunakan komputer yang terhubung ke internet

Pemahaman dasar mengenai bahasa pemprograman dan database sangatlah dibutuhkan di era industri 4.0 saat ini sehingga kita sebagai mahasiswa khususnya dengan background IT dapat berkontribusi dengan baik dan selaras dengan kemajuan teknologi dari tahun ke tahun “Semoga dengan diadakannya seminar ini akan menjadi bekal buat kalian semua pada saat terjun ke dunia bisnis di era digital” Pungkasnya.

Setelah materi selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, untuk penanya terbaik di berikan doorprize. Sebelum acara ditutup diadakan foto bersama dengan pembicara dan para peserta seminar. (Ram)

Comment here